Alasan Perihnya Luka Jari Teriris Paper Cut (Kertas)

AB Herbal Store

Kalian pasti pernah merasakan jari terluka ketika membuka buku atau halaman kertas. Luka teritis kertas kertas atau papercut mungkin sangat tipis dan jarang kita sadari tapi menimbulkan rasa perih yang luar biasa. Mengapa ko bisa perihnya luar biasa ? Alasannya yakni.

Penyebabnya tidak lain karena saraf yang kita miliki. Ujung jari kita ternyata memiliki reseptor nyeri yang lebih banyak dibandingkan di area tubuh yang lain. Menurut ahli Dermatologi Hayley Goldbach dari Universitas of California, Los Angeles seperti yang di ungkapkan pada Jason G. Goldman di BBc, kita sering menggunakan ujung jadi untuk melakukan hal-hal kecil. Sehingga tidak heran jika ujurng jari banyak terdapat ujung saraf sebagai bentuk mekanisme alamiah.

Ujung-ujung saraf di ujung jari itu disebut Nosiseptor (saraf aferen primer untuk menerima dan menyalurkan rangsangan nyeri). Nosiseptor lah yang kemudian mengirimkan rasa nyeri yang kita rasa (meliputi suhu panas, zat berbahaya, dan teknanan yang bisa melukai kulit) ke otak.

Luka teriris kertas ini biasanya tpis dan tidak terlalu dalam. Sehingga mekanisme pertahanan tubuh alami (seperti pengumpalan darah dan keropeng) tak bisa diaktifkan. Jadi, ujung saraf yang terluka menjadi terbuka begitu saja. Apalagi luka itu bisa terus tertarik dan menegang setiap kali kita menggunakan jadi kita untuk beraktivitas, sehingga rasa perihnya pun makin parah.

Selain karena alasan yang berkaitan dengan ujung saraf, menurut Video Instant Egghand dari Scientific American, para peneliti memiliki teori kalau ada elemen psikologis juga terkait dengan perihnya luka teriris kertas. Di pikiran kita kertras merupakan objek yang sebenarnya tidak berbahaya tapi begitu jari terluka karenanya, kita jadi merasakan luka ini seolah tidak masuk akal sehingga rasa sakitnya jadi terasa akut.

Saat jadi terluka karena teritis kertas memang sebaiknya kita segera mengobatinya agar luka menjadi lebih cepat kering dan sembuh. Untuk mengeringkan lukanya bisa menggunakan obat oles apotek atau alami seperti obat luka disini



0 Response to "Alasan Perihnya Luka Jari Teriris Paper Cut (Kertas)"

Posting Komentar